Record Details

METODE SAYYID QUTHB DALAM MENAFSIRKAN AYAT-AYAT MENGENAI KEPEMILIKAN DAN HARTA (Pembacaan terhadap Tafsir Fî Zhilâl al-Qur'ân)

Journal of Enterprise and Development

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title METODE SAYYID QUTHB DALAM MENAFSIRKAN AYAT-AYAT MENGENAI KEPEMILIKAN DAN HARTA (Pembacaan terhadap Tafsir Fî Zhilâl al-Qur'ân)
 
Creator Ridawati, Mujiatun
Johari, Muhamad
 
Description Wahyu yang berupa kitab (al-Qur'an) ini pada umumnya ditujukan kepada manusia secara umum dengan berbagai kondisi dan pola pikir yang berbeda. Sehingga sangat mungkin bahkan menjadi sebuah keharusan akan munculnya berbagai macam penafsiran yang beragam. Satu jawaban singkat dan logis dari penafsiran yang beragam ini adalah ketidaksamaan kemampuan manusia dalam memahami substansi wahyu. Dapat disimpulkan bahwa pemikiran Sayyid Quthb tidak dapat dipahami dengan mudah kecuali bagi mereka yang mau membacanya dengan teliti disamping memiliki kemampuan bahasa yang baik. Metode yang digunakan oleh Sayyid Quthb adalah metode tafsîr bi ar-ra'yi, Sayyid Quthb memaknai harta sebagai segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam rangka melaksanakan tugasnya sebagai makhluk Allah, harta adalah milik Allah swt. sepenuhnya, apapun bentuknya. Sayyid Quthb berpandangan bahwa jihad adalah perang ofensif melawan musuh Islam secara fisik dengan cara pemisahan secara total hubungan muslim dan nonmuslim. Berdasarkan pemahaman jihad di atas, Sayyid Quthb beranggapan bahwa harta hanyalah sarana yang harus dimanfaatkan dalam rangka jihad di jalan Allah.
 
Publisher Faculty of Islamic Economics and Business of Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram
 
Date 2019-12-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jed/article/view/971
10.20414/jed.v1i02.971
 
Source Journal of Enterprise and Development (JED); Vol 1 No 2 (2019): December; 21-33
2685-8258
2715-3118
 
Language eng
 
Relation https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jed/article/view/971/771
 
Rights Copyright (c) 2019 Journal of Enterprise and Development
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0