Record Details

PENGARUH INFORMASI LABA AKUNTANSI (EARNINGS) TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (STUDI PADA PERUSAHAAN LQ 45 DI BURSA EFEK JAKARTA)

Jurnal Ekonomi MODERNISASI

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH INFORMASI LABA AKUNTANSI (EARNINGS) TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (STUDI PADA PERUSAHAAN LQ 45 DI BURSA EFEK JAKARTA)
 
Creator Sarwoko, Endi
 
Subject earnings, abnormal return, volume perdagangan saham
 
Description Informasi laba akuntansi yang diumumkan perusahaan akan direspon pasar, baik melalui harga saham maupun melalui volume perdagangan atau keduanya. Harga saham merefleksikan keseluruhan atau rata-rata keyakinan investor, sedangkan volume perdagangan saham merefleksikan aktivitas investor dengan menjumlahkan semua saham yang diperdagangkan di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh laba akuntansi (earnings) terhadap abnormal return, dan menganalisis pengaruh laba akuntansi (earnings) terhadap volume perdagangan saham. Earning digunakan sebagai proksi dari laba akuntansi sedangkan abnormal return digunakan sebagai proksi dari harga saham. Sampel penelitian adalah perusahaan yang masuk dalam LQ 45 selama tiga tahun berturut-turut yaitu 2001 sampai dengan 2003 yang berjumlah 28 perusahaan. Jenis penelitian merupakan studi peristiwa dengan menggunakan periode pengamatan 5 hari sebelum dan 5 hari sesudah publikasi laba akuntansi. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi, yang terdiri dari model 1 antara laba akuntansi (earnings) terhadap abnormal return, dan model 2 antara laba akuntansi (earnings) terhadap volume perdagangan saham. Hasil analisis menunjukkan bahwa unexpected earnings berpengaruh positif dan signifikan terhadap abnormal return yang diterima investor.  Unexpected  earnings juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume perdagangan saham. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengumuman laba akuntansi memiliki kandungan informasi, sehingga menyebabkan reaksi pasar dicerminkan dari abnormal return dan volume perdagangan saham
 
Publisher Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang
 
Contributor
 
Date 2006-01-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion


 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JEKO/article/view/901
10.21067/jem.v1i3.901
 
Source Jurnal Ekonomi MODERNISASI; Vol 1, No 3 (2005): Oktober; 148-158
Jurnal Ekonomi MODERNISASI; Vol 1, No 3 (2005): Oktober; 148-158
2502-4078
0216-373X
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JEKO/article/view/901/762
 
Rights This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.